Minggu , Mei 19 2019
Home / Sabung Ayam / Cara Meruncingkan Taji Ayam Aduan

Cara Meruncingkan Taji Ayam Aduan

Meruncingkan Taji Ayam Aduan Dengan Mudah

Taji pada ayam aduan sama seperti kuku pada manusia yang akan bertumbuh sampai mereka mati. Taji memiliki dua bagian, yaitu bagian luar yang berupa tulang keras dan bagian dalam yang berupa tulang yang lebih lunak. Bedanya taji ayam dengan kuku manusia adalah bila kuku dipotong maka tidak akan ada sakit dan berdarah tapi taji dipotong, ayam akan merasakan sakit dan berdarah.

Meruncingkan taji bisa menggunakan berbagai benda tajam seperti pisau dan silet atau bisa juga menggunakan kayu batang biasa. Untuk membentuk taji pada ayam aduan yang mantap harus sedikit menyiksa hewan tersebut, dengan cara berikut:

Menggunakan pisau atau silet

Bila menggunakan pisau atau silet berarti taji harus diiris. Hal pertama yang harus dilakukan adalan menyiapkan lilin. Kemudian potong lilin tersebut sedikit dan tumbuk menjadi halus. Pastikan bentuk taji yang diinginkan dan kemudian potong taji menggunakan pisau berlawan dengan arah taji. Potong menyerong dari tengah taji hingga ke ujung untuk membentuk taji yang tajam. Potong dengan hati-hati jangan sampai mengenai tulang yang lunak karena bisa menyebabkan cedera pada kaki ayam.

Setelah taji mencapai bentuk dan ketajaman yang diinginkan, kaki ayam akan luka dan berdarah. Oleskan potongan lilin yang sudah ditumbuk sebelumnya ke bekas luka potongan tersebut agar darah berhenti mengalir dan luka menjadi tertutup.

Gunakan sebatang kayu kecil

Selain menggunakan pisau, membuat runcing taji pada ayam aduan juga bisa menggunakan kayu kecil berukuran sekitar 5cm. keunggulan menggunakan kayu adalah ayam tidak akan berdarah. Sebelum melakukan peruncingan taji, siapkan alkohol terlebih dahulu.

Pukul taji ayam dengan menggunakan kayu tersebut kraung lebih selama 5 menit sampai terlihat tidak ada aliran darah pada kaki ayam. Setelah kaki ayam dirasa lemas, mulailah memukul taji pada ayam dengan cepat. Kemudian runcingkan sedikit menggunakan pisau atau silet. Meskipun menggunakan benda tajam, tidak akan ada darah yang keluar karena sebelumnya aliran darah ke kaki ayam sudah dihentikan. Terakhir, berikan alkohol agar mencegah infeksi pada kaki ayam.

Peruncingan taji pada ayam aduan memang bisa menambah peluang ayam untuk menang tetapi, pastikan melakukan peruncingan taji dengan hati-hati agar ayam tidak cidera. Berikan perawatan yang konsisten setelah pemotongan taji dilakukan.

About Lusiana Liu

Saya adalah seorang penulis artikel yang sangat menggemari permainan taruhan.

Check Also

Tips Membuat Jamu Herbal Tradisional Untuk Ayam 

Tips Membuat Jamu Herbal Tradisional Thailand Untuk Ayam Tips Membuat Jamu Herbal Tradisional Thailand Untuk …